Knowledge Management

Senin, 22 November 2010

langkah-langkah sistematik untuk mengelola pengetahuan dalam organisasi untuk menciptakan nilai dan meningkatkan keunggulan kompetitif secara berkelanjutan (Sharing Vision,2007)

suatu sistem manajemen modern yang merupakan filosofi yang dapat diaplikasikan menjadi suatu sistem guna membantu perusahaan untuk mengembangkan dan mengakomodir potensi pegawai.

Jenis Pengetahuan
1. Explicit Knowledge
merupakan pengetahuan yang dapat dilihat atau tertulis (dokumen, buku dsb)
2. Tacit Knowledge
pengetahuan yang tersembunyi/ tidak kasat mata (terletak pada benak manusia)

perpindahan dari tacit menjadi Explicit knowledge

Proses perpindahan
a. Socialization : perpindahan pengetahuan dari tacit ke tacit (berbagi dengan tatap muka)
b. Externalization : perpindahan pengetahuan dari tacit ke explicit (buku, dokumen, menulis, merekam, dsb)
c. Combination: perpindahan pengetahuan dari Explicit ke Explicit (pengorganisasian, pengetahuan explicit : sistem informasi, perpustakaan)
d. Internalization: perpindahan pengetahuan dari Explicit ke tacit (pengetahuan explicit diserap manusia : membaca, mendengar, menonton, dsb)

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar