tujuan dari komunikasi efektif
1. kita mampu mengendalikan dan memahami diri sendiri serta orang lain
2. mampu mengenali, memahami, dan mengembangkan komunikasi dengan "tepat"
3. mampu memotivasi diri sendiri dan orang lain
4. mampu membina hubungan baik dengan orang lain, sehingga akan terbentuk hubungan kerja sama yang solid
kebutuhan dasar manusia :
1. kebutuhan Afeksional : kebutuhan mendapat sambutan dari orang lain. misalnya kebutuhan untuk mempunyai kontak yang erat dan hubungan yang akrab dengan orang lain, tampil untuk dikasihi dan disayangi oleh orang lain. hubungan ini bisa berupa persahabatan, kesediaan bekerja sama, solidaritas kelompok.
hubungan afeksional kearah negatif bila salah satu pihak merasa kesepian, dikucilkan, dan merasakan putus asa.
2. kebutuhan diakui : kebutuhan dihargai orang lain. kebutuhan ini mencakup prestasi luar biasa, keberanian luar biasa, dan menunjukan kelebihan dari pakaian, perhiasan, tas branded, dsb. hubungan ini bisa didasari karena ambisi, kegenitan, dan keinginan atau status tertentu.
macam-macam hubungan
Apati yakni masa bodoh, tidak perduli
Empati yakni memahami orang lain baik pandangan, keinginan, maupun perasaannya. bisa berupa Respect, kehangatan, kekonkritan (menghindari kesalah pahaman), kesegeraaan, kesamaan, dan keaslian (terbuka dan jujur)
simpati yakni memiliki pandangan, keinginan, dan perasaan yang sama dengan orang lain
antipati yakni memiliki pandangan, keinginan dan perasaan yang berlawanan dengan orang lain.
orientasi nilai dalam komunikasi
gaya 1 : Orientasi Nilai Tindakan
senang dengan tindakan, perbuatan nyata, prestasi, menyelesaikan sesuatu, mengembangkan sesuatu, dan memecahkan masalah
komunikasi yang sebainya dilakukan dengan memusatkan pada hasil, nyatakan kesimpulan pada awal pembicaraan, berbicara sesingkat mungkin, nyatakan rekomendasi anda yang terbaik, jangan menyodorkan banyak pilihan, garis bawahi segi-segi praktis dari gagasan-gagasan anda, pergunakan alat peraga visual.
gaya 2 : Orientasi Nilai Proses
senang dengan fakta, pengorganisasian sesuatu, mengatur, merancang strategi dan taktik.
komunikasi yang sebaiknya dilakukan nyatakan fakta-fakta, susunlah penyajian dalam urutan yang logis misal latar belakang masalah, situasi sekarang, dan hasil. perinci rekomendasi yang anda berikan, sebutkan keunggula dan kelemahan dari pilihan anda, jangan mendesak orang yanng berorientasi proses, sampaikan garis besar usulan anda.
gaya 3 : orientasi nilai manusia
senang dengan pemusatan perhatian kepada manusia, proses-proses sosial, interaksi, komunikasi, kerjasama, sistem-sistem sosial, motivasi.
komunikasi yang sebainya dilakukan dengan pembicaraan ringan, kaitkan antara usulan anda dengan orang-orang yang dipermasalahkan, ungkapkan bagaimana pada waktu-waktu yang lalu gagasan itu berjalan dengan baik, tunjukan dukungan dari para ahli dan orang-orang ternama, dan bila menulis surat gunakan gaya menulis yang tidak formal.
gaya 4 : orientasi nilai gagasan
senang dengan konsep-konsep, teori-teori, saling bertukar gagasan, penemuan-penemuan baru, kreativitas, dan sesuatu yang baru.
komunikasi yang sebaiknya dilakukan sediakan waktua untuk berdiskusi, arahkan pembicaraan pada pokok permasalahan (jangan menyimpang), bicarakan bahan diskusi dengan suatu konsep atau gagasan yang lebih luas/ konseptual dan garis bawahi kegunaan untuk masa mendatang.
Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer
0 komentar:
Posting Komentar